Tips Cerdas Kredit Rumah, Aman

ilustrasi

Sebagai salah satu kebutuhan pokok, rumah memang harus dicukupi. Harga yang sangat mahal membuat kebutuhan akan rumah ini sulit terpenuhi bagi sebagian orang. Dengan begitu, masih banyak orang yang ternyata tidak memiliki rumah. 

Dalam sebuah riset, menunjukkan bahwa tidak menutup kemungkinan di masa depan jumlah penduduk yang tak memiliki rumah makin banyak.  Karena, harga rumah seperti perumahan Cimanggis selalu saja mengalami peningkatan. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, harga jual rumah terus mengalami peningkatan. Harga yang biasanya mencapai 100 kini bisa naik hingga 1000 kali lipat dari gaji bulanan karyawan. 

Maka dari  itu, anda harus benar-benar cermat dan cerdas bila ingin membeli rumah. Di sini akan diuraikan bagaimana cara kredit rumah melalui KPR yang bisa anda jadikan panduan untuk membeli rumah secara kredit. Lebih lengkapnya, simak berikut ulasannya. 

Memahami terlebih dahulu, “layakkah anda mencicil rumah?”

Bank atau lembaga-lembaga pembiayaan bisa saja memberi nilai baik untuk anda karena selalu tepat membayar angsuran. Namun, perlu diketahui juga, apa anda ini layak untuk mencicil rumah? Maka dari itu, anda harus tahu tentang rasio utang berbanding aset anda sendiri. Nilai tersebut menunjukkan jumlah aset yang dimiliki agar bisa dibiayai dengan utang. 

Cara menghitungnya, yaitu dengan membagi total utang dan total aset. Nilai yang dihasilkan yaitu skor untuk rasio tersebut. Idealnya, nilai dari rasio itu di bawah 50%. Apabila nilai lebih dari 50%, maka itu berarti nilai utang anda melebihi nilai aset. Sudah pasti hal itu menunjukkan ketidaksehatan finansial. Supaya anda bisa mendapatkan kredit rumah, maka anda memperbaiki dahulu rasio tersebut sebelum mengajukan KPR. 

Tidak perlu berhutang bila tak memiliki dana darurat

Pastikan kondisi finansial anda aman. Keamanan itu bisa anda dapatkan dengan memiliki dana darurat. Dana darurat yang tersedia idealnya adalah 3-6 kali pengeluaran sebulan. Makin banyak tanggungan anda, tentu makin tinggi pula resiko pekerjaan anda dan makin besar pula kebutuhan dana daruratnya.  

Investasikan dana untuk bayar uang muka rumah

Anda perlu tahu, kapan akan membeli rumah dan membayar uang mukanya. Biaya-biaya yang anda keluarkan per bulannya itu harus anda ketahui kemudian anda sisihkan untuk investasi secara rutin. Bila anda menargetkan beli rumah dalam satu hingga tiga tahun ke depan, simpanlah dana tersebut ke investasi yang rendah resikonya dan mempunyai imbal hasil tetap. 

Jangan menempatkan dana pada instrumen yang tinggi hasil dan tinggi resiko. Alasannya, jangka waktu menabung tentu cenderung lebih pendek. Risikonya, dalam waktu dekat bisa saja akan memengaruhi imbal hasil investasi yang anda lakukan. 

Memastikan cicilan rumah tidak lebih 35% dari penghasilan per bulannya

Bank akan menyetujui pengajuan kredit rumah anda dengan nominal cicilan 50% dari penghasilan bulanan. Namun, cicilan tersebut idealnya secara maksimal 35% dari penghasilan. Hal itu dikarenakan, supaya anda tidak perlu untuk mengurangi pengeluaran yang berkaitan dengan kebutuhan pokok. 

Keluarga dan anda tetap harus terlindungi

Adanya resiko kematian tentu akan menimpa siapapun. Termasuk anda yang sedang masa proses pencicilan rumah. maka bukan hal yang bijak bila anda meninggalkan warisan berupa utang kepada keluarga tercinta. Dengan demikian, mereka yang sedang berhutang tentu harus tetap terlindungi dengan menggunakan asuransi jiwa. 

Di tiap KPR, pada umumnya juga dilengkapi dengan iuran asuransi jiwa untuk memitigasi resiko meninggalnya debitur. Adanya asuransi jiwa ini bermanfaat sebagai uang pertanggungan yang bisa menutup plafon kredit. Anda juga bisa memilih uang pertanggungan setidaknya dua kali dari total utang yang tertunggak yang dimiliki. Nah, Permata Cimanggis juga bisa KPR, yuk kunjungi websitenya di http://permatacimanggis.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *