Tips Meredakan Mata Merah pada Bayi

mata merah

Mata merah ternyata juga dialami oleh bayi. Pada umumnya, mata merah pada bayi bisa jadi karena mereka mengantuk, tetapi orang tua juga harus waspada karena mata merah juga bisa disebabkan oleh kondisi dan penyakit tertentu. Jika bayi Anda mengalami kondisi mata merah, berikut ini ada tips jitu untuk meredakan mata merah pada bayi dengan bahan-bahan alami.

Kompres Air Hangat

Tips pertama untuk meredakan mata merah pada bayi adalah dengan mengompres mata mereka dengan air hangat yang tidak diberikan campuran apapun. Kemudian cara mengompresnya juga sangat mudah, yaitu dengan mencelupkan handuk yang bersih dan berbahan halus ke dalam air hangat, lalu peras dan usapkan handuk tersebut pada mata bayi secara perlahan dan lembut.

Selain mengompres dengan air hangat, Anda juga dapat menggunakan air dingin untuk mengompres mata bayi, tergantung dari penyebab mata merah pada bayi.

Baca Juga: Jangan Panik, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah

Larutan Air Garam

Meredakan mata merah pada bayi juga bisa dengan mencampurkan sedikit garam pada air lalu aduk sampai larut dengan merata. Kemudian, rendam selembar kapas pada larutan air garam yang sudah dibuat dan ketika kapas sudah agak dingin dan tidak terlalu panas tempelkan pada mata bayi yang memerah.

Tips yang satu ini memang sangat mudah untuk dilakukan dan mengompres mata dengan larutan air garam juga dipercaya bisa membersihkan bakteri atau virus yang menjadi penyebab mata merah pada bayi.

Seledri

Penggunaan seledri untuk mengatasi mata merah pada bayi adalah dengan membuatnya menjadi jus, dan hanya bisa diberikan atau dikonsumsi oleh bayi yang berusia lebih dari enam bulan saja. Anda bisa menambahkan wortel ke dalam jus seledri agar menambah rasa.

Selain bahan alami di atas, tips lain untuk meredakan mata merah pada bayi adalah dengan tidak mengucek mata bayi atau meneteskan obat apapun tanpa anjuran dan arahan dokter, jaga kebersihan kamar tidur, jangan satukan pemakaian benda milik bayi, dan cuci tangan dahulu sebelum dan sesudah memegang bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *