Ingin Memiliki Pemanas Air yang Awet? Ini Caranya

pemanas air

Salah satu hal yang mempengaruhi keawetan pemanas air adalah cara penggunaannya, apakah digunakan dan dirawat dengan baik atau tidak. Anda harus selalu menjaga kebersihan pemanas air, saat membersihkan pemanas air ini perlu dimatikan agar tidak terjadi korsleting listrik. 

Kemudian bersihkan bagian luar pemanas dengan cara menyekanya menggunakan lap secara perlahan. Untuk perawatan bagian dalam dari pemanas air ini sebaiknya dilakukan oleh teknisi berpengalaman agar hasilnya lebih maksimal.

Lakukan pengecekan menyeluruh 

Selain menjaga kebersihan pemanas air, Anda juga perlu melakukan pengecekan rutin dan juga menyeluruh pada beberapa elemen pemanas air setidaknya 4 bulan sekali sehingga Anda memiliki pemanas air yang awet. Beberapa hal yang perlu dilakukan pengecekan diantaranya.

Pengecekan Kelistrikan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan pada bagian kelistrikan, pemeriksaan ini dilakukan pada elektrik heater dan juga thermostat pemanas air. Agar kondisi pemanas air tetap bagus, akan lebih baik jika Anda tidak terlalu sering menyalakan atau mematikan pemanas, gunakan pemanas air sesuai dengan kebutuhan saja.

Terlalu sering mematikan pemanas air ini bisa berakibat pada lamanya proses pemanasan air. Akan tetapi, jika pemanas air tidak akan digunakan pada waktu yang lama karena Anda tidak berada di rumah untuk liburan dan semacamnya, maka lebih baik pemanas dimatikan untuk mencegah terjadinya korsleting listrik.

Perhatikan Safety Valves

Safety Valves adalah alat yang digunakan untuk memeriksa tekanan berlebih pada tangki, pemeriksaan rutin pada alat ini bisa mencegah terjadi penyumbatan sehingga suhu tangki tetap aman.

Periksa Kondisi Pipa Secara Rutin

Pastikan aliran air pada pipa tidak tersumbat, selain itu pastikan juga air yang mengalir bersih, bebas debu, pasir, dan partikel kecil lainnya agar kinerja pemanas bisa berjalan dengan baik.

Selalu Menjaga Kebersihan Elemen Pemanas Air

Selain kebersihan pada bagian luar pemanas air, Anda juga perlu memastikan setiap elemen dari pemanas air ini tidak berkarat dan bebas dari kebocoran.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pemanas air yang awet, lakukan secara rutin dan jangan sampai ada bagian yang tidak dibersihkan. Nah, mau miliki pemanas air Indonesia berkualitas? cek https://pemanasairindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *