Ingin Menggunakan Semen Mortar, Simak Cara dan Kelebihannya di Sini!

Ingin Menggunakan Semen Mortar, Simak Cara dan Kelebihannya di Sini!
Semen Mortar

Penggunaan semen mortar untuk pembangunan memang sudah menjadi terobosan baru di dunia konstruksi bangunan. Namun, saat ini informasi terkait cara menggunakan semen mortar masih tergolong minim. Sehingga, penggunaan semen ini belum sepopuler jenis semen pada umumnya. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara menggunakan semen mortar dan berbagai kelebihannya.

Cara Menggunakan Semen Mortar dan Kelebihannya

Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan semen mortar dan kelebihannya, antara lain:

Langkah yang Pertama

Di tahap ini, Anda perlu menggunakan takaran khusus, yakni satu adukan dengan bahan dasar semen instan. Takaran antara semen mortar dan air dapat berpengaruh pada tingkat kekerasan dan kualitas daya tahannya. Untuk itu, jangan pernah mencampurkan semen mortar dengan bahan lain.

Jika pencampuran antara semen dan air sudah benar, maka Anda akan memperoleh bangunan yang kuat dan tahan lama. Inilah salah satu kelebihan dari semen mortar dibandingkan dengan semen konvensional.

Langkah yang Kedua

Langkah selanjutnya, cermati perbandingan bahan semen instan dan air yang dipakai. Pada dasarnya, perbandingan komposisi bahan semen mortar dan air yaitu 2:1. Akan tetapi, ada pula perubahan komposisi yang dilakukan sesuai dengan jenis pekerjaan yang sedang dilakukan.

Misalnya saja jika sedang membuat plesteran untuk dinding, menggunakan perbandingan yang cukup besar. Sebab, Anda akan membutuhkan lapisan plester yang berkualitas dan tidak mudah terjadi rembesan atau kebocoran.

Baca Juga: Plester Bangunan Mencegah Rembesan Air 

Langkah yang Ketiga

Cara menggunakan semen mortar berikutnya yaitu penerapan yang bisa membuat proses pengaplikasian menjadi lebih maksimal. Terdapat perlakuan khusus sampai pada akhirnya bisa menempel dengan sempurna.

Langkah yang Keempat

Langkah selanjutnya yaitu dengan meratakan permukaan lapisan semen mortar yang dapat mengandalkan alat roskam. Banyak yang merekomendasikan untuk menggunakan roskam besi karena mempunyai dimensi yang presisi. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda harus memperhatikan komposisi bahan yang digunakan ataupun air yang dicampurkan ke dalam semen mortar. Hal ini bertujuan agar hasilnya bisa lebih maksimal dan tahan lama.

Demikian penjelasan mengenai cara menggunakan semen mortar dan kelebihannya. Semoga bermanfaat. 

Atnn Avatar
No comments to show.

There’s no content to show here yet.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Insert the contact form shortcode with the additional CSS class- "avatarnews-newsletter-section"

By signing up, you agree to the our terms and our Privacy Policy agreement.