Manfaat Positif Main Game untuk Anak yang Perlu Diketahui!

Manfaat Positif Main Game untuk Anak yang Perlu Diketahui!
game kuis

Selama ini bermain game seringkali menimbulkan banyak dampak negatif bagi anak-anak sebab dapat membuat kecanduan, kurangnya pergerakan fisik, dan merusak penglihatan sejak dini.

Namun apakah Anda tahu bahwa tidak selamanya game anak dapat menimbulkan dampak negatif saja, justru ada manfaat positifnya juga. Apa sajakah itu? Simak artikel berikut.

Manfaat Positif Bermain Game Bagi Anak

Melatih Pemecahan Masalah

Permainan seringkali dibuat dengan memberikan tantangan yang harus diselesaikan oleh pemainnya dan  tentu kita harus memikirkan bagaimana cara menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Melalui game, pengguna dapat terlatih dalam hal memecahkan masalah yang mana bisa diimplementasikan juga dalam kehidupan sehari-hari.

Mengasah Nalar

Jenis permainan seperti tebak kata, gambar pasti membutuhkan kemampuan nalar kita dalam menyelesaikan tantangannya. Permainan seperti ini memberikan nilai positif karena dapat mengasah logika dalam menjawab pertanyaan.

Sarana Edukasi

Tak sekedar sarana bermain saja, namun game anak juga bisa dijadikan sarana edukasi selain melalui buku pelajaran. Contohnya permainan mencari potongan kata dalam bahasa asing. Game seperti itu dapat menambah kosakata dan melatih penggunaan bahasa asing. Selain itu game kuis seperti Omra Quiz Live juga merupakan solusi terbaik sebagai sarana edukasi untuk anak Anda. 

Mengenalkan Dunia Teknologi

Teknologi yang kian berkembang pesat tentu siapapun harus bisa mengikutinya juga, salah satu cara mengenalkan teknologi kepada anak adalah dengan cara bermain game.

Namun perlu diperhatikan juga waktu bermainnya, ya.

Pembentukkan Karakter

Game juga bisa membentuk karakter pemainnya, salah satu yang sering dijumpai adalah pantang menyerah. Permainan yang seringkali gagal dan harus mengulang kembali dapat membuat pemain terlatih untuk tidak mudah menyerah.

Memperluas Pengetahuan

Cara baru memperluas pengetahuan dengan bermain game lewat ponsel. Anda bisa mengenalkan nama-nama hewan, tumbuhan atau hal lainnya melalui sebuah permainan.

Tips Bermain Game

  • Perhatikan batasan usia game yang diperbolehkan.
  • Saat bermain, anak wajib didampingi oleh orang dewasa.
  • Berikan aturan waktu bermainnya agar seimbang dengan aktivitas fisik.
  • Selektif dalam memilih jenis game apa yang ingin diberikan pada anak.
  • Orang dewasa wajib tegas apabila anak sudah mulai kecanduan bermain game.

Selain dampak negatif, ternyata game anak juga punya beragam manfaat positifnya. Peran orang tua juga harus ikut serta saat anak bermain. Yuk mainkan, game edukasi terbaik yang cocok untuk anak Anda.  Coba mainkan dan download https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lms.omra di sini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Atnn Avatar
No comments to show.

There’s no content to show here yet.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Insert the contact form shortcode with the additional CSS class- "avatarnews-newsletter-section"

By signing up, you agree to the our terms and our Privacy Policy agreement.